Arsip Berita

Cetak

Diseminasi Dana Desa

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

hjkjkjkPenggunaan Dana Desa tahun 2018 harus memakai prinsip Padat Karya Tunai atau Cash for Work yaitu menyerap banyak tenaga kerja, pekerja diberi upah tunai harian atau paling lama mingguan. Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Dr Boediarso Teguh Widodo menyampaikan hal itu dalam acara Diseminasi Dana Desa di ruang serbaguna Kantor Bupati Bulungan pada Selasa siang (3/4).

Diseminasi atau penyebaran informasi Dana Desa tahun anggaran 2018 ini turut menghadirkan narasumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, DPR RI serta Kementerian Dalam Negeri RI.

Sebagai informasi, Alokasi Dana Desa atau ADD yang bersumber dari APBD Kabupaten Bulungan pada tahun 2017 lalu mencapai Rp64 miliar, naik dari ADD tahun sebelumnya di 2016 sebesar Rp58,4 miliar. Sedangkan Dana Desa yang bersumber dari APBN juga mengalami kenaikan, yaitu di tahun 2016 sebesar Rp49,8 miliar, di tahun 2017 sebesar Rp63,3 miliar dan di tahun 2018 ini pagu anggarannya mencapai 67,5 miliar rupiah yang diperuntukkan bagi 74 desa se Kabupaten Bulungan.

ukukuk

"Penggunaan Dana Desa harus ditujukan untuk pengurangan kemiskinan dan menaikan status desa," tegas Boediarso. Diterangkan pula, ada 4 inovasi baru di tahun 2018 terkait dengan pengelolaan dana desa. Terdiri cara membagi, cara menggunakan, cara melaksanakan serta cara penyaluran dana desa.

Metode pencairan dana desa dibagi 3 tahap yaitu 20 persen di minggu kedua Januari, 40 persen di bulan Maret dan 40 persen di bulan Juli.

Untuk pencairan tahap pertama di bulan Januari harus memenuhi persyaratan sudah ada Perda APBD dan Perbup Penetapan Dana Desa. Pencairan tahap kedua dengan syarat Laporan Realisasi Penyaluran Dana Desa dari RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD) serta Laporan Realisasi/Konsolidasi. Terakhir tahap ketiga dengan syarat penyaluran RKUD ke RKD 75 persen sudah diserap dan digunakan dengan hasil pekerjaan 50 persen.

"Pemerintah desa bersama pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat mesti bersama-sama menumbuhkan desa menjadi desa-desa yang maju dan mandiri serta menjadi pusat pemberdayaan dan perekonomian masyarakat," urainya. Bupati Bulungan, H Sudjati, SH menambahkan, adanya Dana Desa sangat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat desa.

kkkkkk

"Adanya program DD dan ADD ini akan menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja dan bahan baku desa setempat," ucap Bupati. Ditambahkan, Pemkab Bulungan berkomitmen bersama masyarakat untuk mengoptimalkan pengelolaan dana desa di 74 desa se-Bulungan.

"Kepada pemerintah desa, kecamatan serta organisasi perangkat daerah (OPD, Red) terkait agar menyimak paparan dari pemerintah pusat ini dengan sungguh-sungguh," pesan Bupati dalam acara yang turut dihadiri Ketua dan anggota DPRD Bulungan.

 

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes