Arsip Berita

Cetak

RA Kartini Teladan Kaum Wanita

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

RA Kartini Teladan Kaum WanitaBupati Bulungan, H Sudjati, SH menghadiri penutupan Festival Hari Kartini di Tias, Muara Bulungan pada Sabtu siang (21/4). Festival yang berlangsung 3 hari berturut pada 19 - 21 April 2018 diikuti puluhan anak usia sekolah hingga ibu-ibu kampung Tias yang masuk wilayah Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah.

Bupati bersama sejumlah pejabat OPD Pemkab Bulungan menggunakan speedboat menuju kampung Tias yang berada di muara atau perbatasan antara sungai dan laut Bulungan. Setelah menempuh perjalanan hampir 1 jam, Bupati dan rombongan disambut ratusan warga Tias.

"Saya sangat berterimakasih atas undangan masyarakat di Tias untuk menghadiri penutupan Festival Hari Kartini 2018," ucap Bupati. Festival berisi lomba cerdas cermat, lomba puisi, lomba fashion show, mewarnai, lomba kreatifitas per kelas, lomba serta lomba memasak untuk ibu-ibu. Penutupan festival berlangsung di halaman SDN 006 Tias, di mana para tamu undangan disuguhkan masakan kelompok ibu-ibu di Tias.

"Di sini kita juga bisa melihat kebersamaan masyarakat kampung Tias sehingga festival yang baru kali pertama ini bisa terselenggara," ucap Bupati. Masakan kelompok ibu-ibu yang disajikan antara lain kepiting, sate kerang hingga ikan bakar yang dinikmati seluruh peserta dan undangan. Bupati turut didaulat memberikan penilaian dalam lomba memasak untuk ibu-ibu.

RA Kartini Teladan Kaum Wanita3

"Saya juga menyampaikan selamat merayakan Hari Kartini kepada ibu-ibu di Tias," ucap Bupati yang turut melaksanakan salat zuhur berjamaah di Masjid Al Hidayah, Tias. Dilanjutkan, makna dari peringatan Hari Kartini yaitu berjuang meningkatkan derajat dan hak kaum wanita. Seperti diketahui, RA Kartini meski berasal dari keluarga bangsawan namun sangat dekat dengan rakyat hingga mendirikan sekolah bagi wanita yang mengajarkan cara membaca, berhitung serta kemampuan bermanfaat lainnya.

Surat-surat yang ditulis RA Kartini yang berisi pemikiran-pemikirannya kemudian menjadi buku Habis Gelap Terbitlah Terang dan merupakan penggerak perjuangan yang saat ini kita kenal dengan emansipasi dan kesetaraan gender.

"RA Kartini hendaknya menjadi teladan bagi kita dalam memperjuangkan kaum wanita," tegas Bupati. Ditambahkan, kondisi saat ini salah satunya berkat sumbangsih RA Kartini di mana kaum wanita sudah bisa menjadi polisi, tentara, camat, kepala daerah, menteri bahkan sampai menjadi presiden.

RA Kartini Teladan Kaum Wanita5

"Jadi hendaknya generasi muda khususnya di kampung Tias serta masyarakat dapat meneladani sosok dan perjuangan RA Kartini," pungkas Bupati.(GianHMS)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes