Arsip Berita

Cetak

Pembukaan Workshop Literasi di Bulungan

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

aaaWakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si membuka secara resmi Workshop Perancangan Literasi Kelas Awal Kabupaten Bulungan pada Kamis pagi (1/3) di Hotel Grand Pangeran Khar, Tanjung Selor. Workshop antara lain berisi kegiatan merancang kegiatan pembelajaran membaca dan menulis pada tingkat dasar.

"Kegiatan ini tindak lanjut dari kerjasama dengan lembaga INOVASI antara pemerintah Australia dan Indonesia, dalam hal peningkatan kemampuan membaca dan menulis bagi anak sekolah dasar," terang Wabup. Diungkapkan, workshop diikuti para kepala sekolah, guru-guru kelas awal di SD rintisan Program Inovasi di Kecamatan Tanjung Selor dan Tanjung Palas Timur serta staf Disdikbud Bulungan dan dosen PGSD Universitas Borneo Tarakan.

"Saya harap melalui kegiatan ini, para guru dan pihak sekolah dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bagi anak didik di kelas awal," pesannya. Ditegaskan, keterampilan membaca bagi anak kelas awal sekolah dasar sangat penting. Bagi anak kelas 1 sampai kelas 3 SD ditekankan sudah harus bisa membaca sebagai kunci untuk belajar dan berkembang. Maka itu pengelolaan pembelajaran yang efektif harus dilakukan pihak sekolah.

aaaaa

"Utamanya anak-anak kita dapat membaca, memahami serta mengembangkan apa yang dibacanya," tegasnya. Wabup pun meminta para guru dan pihak sekolah terus semangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan kepada anak-anak di Bulungan. Perwakilan Tim Inovasi dari Jakarta, Basilius Bengoteku menambahkan, pentingnya literasi atau kemampuan membaca yang baik sebagai kunci untuk mendapatkan ilmu pengetahuan seluas-luasnya.

"Contoh misalnya jangan sampai ada anak-anak kita di kelas awal yang belum bisa membaca sampai jadi olok-olok temannya yang lain," tegasnya. Dilanjutkan, kemampuan membaca yang baik juga menjadi bagian harkat dan martabat manusia agar tidak tertinggal dengan yang lain. Maka selain guru dan pihak sekolah, peran fasilitator juga penting membantu membuka pemahaman, meningkatkan semangat dan merancang skenario pembelajaran.

"Dalam workshop ini kita merancang bersama sesuai ukuran yang pas untuk masing-masing sekolah," ucapnya. Kegiatan workshop terdiri dari merancang kegiatan pembelajaran membaca dan menulis dasar, mencari informasi, gagasan, solusi permasalahan, mengembangkan skenario pembelajaran yang ekfektif, simulasi serta perbaikan skenario pembelajaran hasil simulasi.

 

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes