Arsip Berita

Cetak

DIABETES MELITUS DAN STROKE, PENYEBAB UTAMA KECACATAN

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

DiabetesTalk Show Kesehatan bertema diabetes melitus dan stroke sebagai penyebab utama kecacatan di Indonesia oleh PT. Asia Forsa Fortuna di Kabupaten Bulungan Tahun 2020 resmi di gelar, Jumat 03/1/ 2020.

 

Dijelaskan Wijaya ST Manajer PT Asia Forsa Fortuna,”Penyakit tidak menular (PTM), termasuk diabetes, saat ini telah menjadi ancaman serius kesehatan global. Dikutip dari data who 2016, diabetes merupakan penyebab 70% dari total kematian di dunia dan lebih dari setengah beban penyakit. 90-95% dari kasus diabetes adalah diabetes tipe 2 yang sebagian besar dapat dicegah karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat'.

Dalam sambuatan Bupati Bulungan yang dibacakan Errin Wiranda, SE dikatakan.”Indonesia juga menghadapi situasi ancaman diabetes serupa dengan dunia. International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2017 melaporkan bahwa epidemi diabetes di Indonesia masih menunjukkan kecenderungan meningkat. Indonesia adalah Negara peringkat keenam di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brazil dan Meksiko dengan jumlah penyandang diabetes usia 20-79 tahun sekitar 10,3 juta orang”.

“Untuk menurunkan faktor risiko, kita juga harus terus meningkatkan kesadaran masyarakat serta menyiapkan lingkungan yang sehat bagi masyarakat. Selain itu, masyarakat harus bisa menjadi lebih pintar untuk memilih apa yang perlu mereka konsumsi untuk mencegah diabetes”.

Pada kesempatan ini,”saya menekankan pentingnya food labelling untuk peringatan kepada masyarakat mengenai makanan dan minuman yang tidak sehat (terlalu banyak mengandung gula, garam dan lemak.’Lanjutnya,”Penting juga untuk memastikan ketersediaan lebih banyak pilihan dalam makanan sehat dan minuman di pasar untuk mendukung orang-orang mengalihkan konsumsi mereka dari pengolahan makanan dan minuman ringan ke makanan rumah tangga dan minuman sehat".

Dan diakhir sambutannya dikatakan,”Semoga kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat positif dan semoga Allah SWT, tuhan yang maha ESA, senantiasa memberikan rahmat, ridho serta perlindungan-nya kepada kita semua, dalam membangun daerah Kabupaten Bulungan yang kita cintai ini. Amin”.