Arsip Berita

Cetak

Semarak Tradisi Meja Panjang di Desa Pimping

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 1
TerburukTerbaik 

mejapanjangMasih dalam suasana tahun baru 2020, segenap unsur masyarakat Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara menggelar tradisi Meja Panjang yang diikuti ribuan warga pada Sabtu (4/1).

Tradisi Meja Panjang selain wujud rasa syukur pergantian tahun, juga untuk mempererat silaturrahmi antar masyarakat tanpa memandang perbedaan suku maupun keyakinan.

Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si yang turut hadir dalam acara Meja Panjang yang bertempat di Lapangan Sepakbola Desa Pimping berharap, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dapat mendukung Desa Pimping di Kecamatan Tanjung Palas Utara serta Desa Mara Satu di Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan untuk menjadi Desa Budaya maupun Desa Wisata.

mejapanjgn2

“Perayaan tahun baru melalui tradisi Meja Panjang ini selain sebagai evaluasi memperbaiki hubungan antar sesama juga kita harapkan dapat memperbaiki kualitas iman kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memperkuat rasa solidaritas, rasa saling menghargai antar sesama,” ucap Wabup.

mejapanjgn1

Dilanjutkan, Wabup mewakili Pemerintah Kabupaten Bulungan berharap segenap masyarakat Desa Pimping turut menjaga persatuan, kesatuan dan situasi kondusif mengingat di tahun 2020 di Kabupaten Bulungan dan Provinsi Kaltara akan memulai proses demokrasi berupa pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Saya berharap, kita dapat melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada ke depannya nanti secara aman, lancar serta tidak menimbulkan perpecahan di antara kita. Kita harus ingat, bahwa siapapun kepala daerah yang terpilih nanti selain merupakan pilihan mayoritas masyarakat, juga ada campur tangan Tuhan yang Maha Kuasa di dalamnya,” pesan Wabup.

mejapanjng 4

Sementara, Mantan Kepala Desa Pimping, Alan Bilung yang baru berakhir masa jabatannya pada Desember tahun lalu mewakili panitia kegiatan menjelaskan, acara Meja Panjang merupakan ide para tokoh masyarakat terdahulu untuk merayakan tahun baru di mana setiap warga saling berbagi di meja panjang dan dinikmati bersama.

“Seiring berjalannya waktu, kegiatan Meja Panjang ini menjadi tradisi yang mampu mengumpulkan masyarakat dari berbagai suku,” ungkapnya.

Pj Kades Pimping, Uli T Awang menambahkan, tradisi Meja Panjang telah menjadi ajang pemersatu masyarakat sehingga harus terus ditingkatkan.

“Kami berharap pemerintah provinsi dan kabupaten dapat membantu menganggarkan karena selama ini kegiatan Meja Panjang murni hasil dari swadaya masyarakat,” imbuhnya dalam kegiatan yang turut dihadiri pejabat Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan, DPRD, Forkopimda, perwakilan perusahaan serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.