Arsip Berita

Cetak

Yunus Luat Emban Tugas Kepala Satpol PP dan PMK Bulungan

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
91771133_2731590443577516_9193131073339392000_o.jpg  

Setelah purna tugas dan memasuki masa pensiun, Marulie, SH, MH yang sebelumnya menjabat Kepala Satpol PP dan PMK Kabupaten Bulungan melakukan sertijab kepada Yunus Luat, S.Pd M.Pd, pada Rabu (1/4).

Marulie menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Bulungan atas kepercayaan dan amanah yang selama ini diberikan serta permohonan maaf bila ada kekurangan selama melaksanakan tugas menegakkan Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Bulungan.

“Saya berpesan kepada segenap anggota Satpol PP dan PMK Bulungan agar pantang menyerah dalam melaksanakan tugas,” ucapnya. Diingatkan, Satpol PP dan PMK mengemban tugas mulia di tengah masyarakat yaitu menegakkan Perda, melaksanakan keputusan kepala daerah serta menciptakan ketentraman.

Marulie juga mewanti-wanti agar segenap anggota Satpol PP dan PMK mampu menjadi lilin yang rela menerangi di malam yang gelap, bekerja dengan hati yang ikhlas serta tidak mencari keuntungan untuk kepentingan pribadi.

“Dalam menegakkan Perda kita harus fokus pada hal-hal yang sangat prinsip,” tandasnya. Dijelaskan, selama kepemimpinannya, Satpol PP dan PMK Bulungan telah berupaya melakukan penutupan penjualan BBM illegal di wilayah Tanjung Selor yang mendapatkan hasil pada tahap pertama mencapai 9 ton BBM yang telah diserahkan ke Polres Bulungan, dan pada tahap kedua mencapai 4 ton BBM yang masih tersimpan di Gudang PMK dan masih dalam proses pemusnahan.

“Semoga pemusnahan BBM illegal tersebut dapat segera dilaksanakan karena barang tersebut berbahaya, mudah terbakar, meledak dan sebagainya,” sebutnya.

Ditambahkan, anggota Satpol PP Bulungan selama setahun terakhir juga ditugaskan memantau di SPBU Tanjung Selor menyikapi aksi pengetap yang meresahkan masyarakat. Selain itu juga menertibkan hotel maupun baleho sesuai ketentuan Perda.

“Jika ada kesalahan dan kekurangan selama saya melaksanakan tugas, kepada setiap induk, pribadi maupun golongan, secara pribadi saya menyampaikan permohonan maaf,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Satpol PP dan PMK Bulungan, Yunus Luat, S.Pd M.Pd, menjelaskan, ada 3 poin tugas Satpol PP yaitu menegakkan Perda dan Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan dan melaksanakan ketertiban umum dan ketentraman di masyarakat serta melaksanakan perlindungan masyarakat dan akan melaksanakan tugas, baik tertulis maupun tidak tertulis sesuai perintah Bupati selaku Kepala Daerah Kabupaten Bulungan.

“Kemudian kita juga bersama dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bulungan, Satpol PP ditugaskan khusus di bidang pengamanan serta menyampaikan imbauan dari Pemkab Bulungan, Pemprov Kaltara maupun pemerintah pusat,” imbuhnya.

Kepala Bidang Ketentraman Umum dan Ketertiban Masyarakat, Drs Tomi Marthin, M.Pd turut menyampaikan terima kasih kepada Marulie, SH, MH selama menjabat Kepala Satpol PP dan PMK Bulungan.

“Pak Marulie kami anggap sebagai tokoh yang patut diteladani, karena kepemimpinan dan pengalamannya selama menegakkan Perda tidak hanya di Kabupaten Bulungan tetapi sebelumnya juga di Kabupaten Kutai Barat,” ucapnya.