Arsip Berita

Cetak

Rencana Pembangunan PLTU Gunung Seriang

Ditulis oleh Neri N.

Penilaian:  / 1
TerburukTerbaik 

Camat Tanjung Selor, Abdul Djalil mengatakan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Gunung Seriang, Tanjung Selor membutuhkan lahan sekitar 20 hektare. "Beberapa waktu lalu pemkab telah mengadakan sosialisasi kepada masyarakat yang lahannya terkena proyek pembangunan PLTU itu. Dan alhamdullilah hasilnya positif, masyarakat mau diajak kerjasama. Dalam sosialisasi itu warga diminta memasang patok batas tanah sesuai dengan surat tanah yang dimiliki", kata Jalil. Hal ini kata dia untuk mempermudah tim penilai harga dalam mengukur dan memberikan taksiran harga gati rugi tanah. Jika ada warga yang belum mengurus surat tanah, agar segera mengurus dan menyelesaikannya, sesuai laporan pada Senin (27/12).

Kami meminta tim penilai harga dari PLN, karena ini menyangkut pembangunan bidang kelistrikan di Bulungan. Untuk selanjutnya tim mengadakan kajian dan menentukan harga terhadap tanah yang akan dibebaskan, ujarnya. Mudah-mudahan ada negosiasi dan dicapai kesepakatan harga tanah antara PLN dan warga, karena kita sadari kebutuhan pasukan listrik masih sangat minim untuk Bulungan kalau tidak bisa ada kesepakatan pembangunan PLTU, maka penambahan pasokan listrik akan terbengkalai, lanjutnya. Dia mengharapkan, untuk warga yang tanahnya akan dibebaskan penentuan harga tanah harus yang masuk akal. Kalaupun harus naik tidak jauh-jauh dari NJOP saat ini, harapnya. Perlu diketahui nilai NJOP Kabupaten Bulungan untuk saat ini sekitar Rp 17.500 per perkan, sedangkan NJOP tertinggi sekitar Rp 20 ribu per perkan.

Masih kata Jalil, ketika tim penilai sudah menentukan kisaran harga tanah, maka tim akan menyerahkan kepada tim pembebasan lahan yang kemudian akan diserahkan ke tim sembilan Pemkab Bulungan. Tim sembilan akan menfasilitasi tim penilai harga PLN bersama masyarakat yang tanahnya akan dibebaskan. Tim sembilan ini terdiri dari Sekretaris Daerah (Sekda), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Asisten Bidang Pemerintahan, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Bagian Keuangan Pemkab Bulungan, Bagian Tata Pemerintahan (tapem), Camat Tanjung Selor, dan Kepala Desa Gunung Seriang. (RT)