Arsip Berita

Cetak

Harga Cabe Melonjak

Ditulis oleh Neri N.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Memasuki tahun 2011, harga beberapa barang kebutuhan pokok di Bulungan mengalami kenaikan. Salah satunya harga cabai yang naik drastis dari Rp 50-60 ribu menjadi Rp 80-90 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cabai ini seudah terjadi sejak menjelang tahun baru. Salah satu penyebabnya adalah akibat banyaknya petani cabai yang mengalami gagal panen. Permintaan yang tinggi sementara stok terbatas membuat harga cabai melonjak.

 

Selain cabai, harga telur juga naik dari Rp 32 ribu menjadi Rp 34 ribu per piring, terang Rahma, salah seorang pedagang di Pasar Induk Sengkawit, Tanjung Selor, Jumat (31/12). Ia menambahkan, meski harga cabai dan telur naik di saat Natal dan menjelang tahun baru, namun beberapa kebutuhan pokok lainnya tidak mengalami kenaikan bahkan ada yang harganya turun.

Seperti bawang merah yang biasanya Rp 28 ribu per kilogram, saat ini justru turun menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Harga beras juga masih stabil di kisaran Rp 7.500 hingga Rp 10 ribu per kilogram.

Harga daging ayam juga masih tetap, yaitu Rp30 ribu per kilogram, sahutnya. Bila harga daging ayam potong masih stabil, harga daging sapi ikut naik, dari Rp80 ribu menjadi Rp90 ribu per kilogram. Kenaikan harga daging sapi itu mengikuti permintaan konsumen yang juga meningkat. Memang biasanya saat Natal dan tahun baru harga daging sapi ikut naik. Tapi setelah itu akan kembali normal, tambah H Ramli, salah seorang penjual daging sapi di Pasar Induk Sengkawit. <RT>