Arsip Berita

Cetak

Realisasi PNPM 2010, Ditargetkan Selesai Maret 2011

Ditulis oleh Neri N.

Penilaian:  / 1
TerburukTerbaik 

Kegiatan pembangunan di pedesaan yang didanai melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan 2010, hingga kini telah terealisasi sekitar 70 persen. Sementara realisasi keuangannya, sudah 100 persen.

Keuangannya sudah terealisasi 100 persen. Artinya dana semua sudah di rekening masing-masing kecamatan. Tinggal realisasi fisiknya yang belum selesai 100 persen. Rata-rata 75 persen. Artinya ada sebagian yang sudah selesai, ada sebagian lagi yang belum, ujar Dwi Ngatminingsih, Fasilitator Kabupaten PNPM Mandiri Pedesaan di Bulungan.

 

 

Menurut Dwi, untuk program PNPM Mandiri Pedesaan pada 2010 ini Kabupaten Bulungan mendapat alokasi dana sebesar Rp 17,750 miliar. Dana ini sharing antara pusat dan Pemkab Bulungan dengan komposisi 60 persen-40 persen. Yaitu Rp 10,6 miliar dari pemerintah pusat (APBN) dan Rp 7,1 miliar dari Pemkab Bulungan (APBD).

Kegiatan yang dilaksanakan di seluruh kecamatan yang mendapatkan alokasi dana PNPM, lanjutnya, antara lain untuk pembuatan jalan jerambah, semenisasi, PAUD, Poskesdes dan lain-lain.  Ada beberapa kecamatan yang sudah selesai 100 persen, ada yang 50 persen, ada pula yang baru 30 persen. Rata-rata sudah terealisasi 70 persen, ungkapnya.

Ditanya soal kendala-kendala yang dihadapi, Dwi mengatakan, sebenarnya tidak kendala yang berarti terkait soal keterlambatan realisasi program pemberdayaan masyarakat yang dicanangkan oleh pemerintah pusat itu. Yang membuat terlambat karena start (memulai kegiatannya) yang terlambat. Untuk 2010, sekitar bulan Agustus baru mulai kegiatan, kata Dwi lagi. Kendala lainnya, adalah kendala klasik, yaitu sulitnya bahan bangunan. Terutama bahan lokal, berupa kayu.

Meski sampai sekarang baru terealisasi 70 persen, dia mengaku optimis pada Maret 2011 nanti semua kegiatan fisik yang didanai PNPM Mandiri Pedesaan 2010 sudah selesai 100 persen. Sesuai petunjuk, kita masih diberi toleransi hingga 3 bulan kedepan. Jadi targetnya, Maret sudah harus selesai semua, tegasnya.

Jika PNPM sudah terealisasi 70 persen, untuk Program Pengembangan Sistem Pembangunan Partisipatif (P2SPP) 2010 kegiatan fisiknya hingga kini belum teralisasi sama sekali. Sementara realisasi keuangannya sudah 75 persen. Sekarang baru mau proses lelang. Program P2SPP memang terlambat, karena startnya juga lambat. Bahkan petunjuk pelaksanaannya pun menjelang akhir tahun baru ada. Ini karena program tersebut untuk pertama kalinya di Bulungan,” imbuh dia. Meski belum tereasisasi, dia yakin program tersebut akan terlaksana sesuai dengan petunjuk yang sudah ada.(*RT)